Selasa, 06 Mei 2014

Sejarah Game Controller

Sejarah Gamepad
Bagi kita yang pernah bermain game tentunya mengenal gamepad. Gamepad adalah sebuah kontroler yang digunakan untuk mengatur gerakan karakter kita dalam game.Bagaimana dengan sejarah gamepad ?

Bentuk pertama d-pad dapat ditemukan pada konsol Intellivision tahun 1979 buatan Mattel, salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia.

Pada tahun 1982, salah seorang staff Nintendo, Gunpei Yokoi, memiliki ide untuk membuat d-pad pada gimbot Donkey Kong. Ia membuat desain d-pad menjadi berbentuk seperti +, sehingga menyederhanakan desain dan kenyamanan d-pad.

Pada tahun 1983, Nintendo Membuat Famicom (versi Jepangnya NES), Gunpei Yokoi menggunakan desain yang sama agar permainan terasa lebih enak dimainkan. Kontroller yang dibuat memiliki d-pad dengan desain seperti sekarang. Kontroller tersebut terbukti efektif dan telah membawa Nintendo masuk sebagai perusahaan video game terbaik di dunia pada saat itu.

Hingga kini berbagai jenis kontroler telah dibuat namun dengan konsep yang sama.

Sampai kemudian nintendo kembali mengguncang dunia kontroller dengan wii-nya yang menggunakan konsep motion sense.

Rincian Teknis

Kebanyakan tuas kendali dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan (mirip dengan tetikus), tapi tuas kendali satu dan tiga dimensi memang ada. Sebuah tuas kendali umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam tuas kendali yang dikonfigurasi untuk gerakan tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam) atau kanan (searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu - XY dan Z - yang, dalam kaitannya dengan suatu gulungan, bola, dan pesawat. Sebuah tuas kendali analog adalah tuas kendali yang menyatakan berulang kembali yaitu suatu ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya menggunakan potensiometer) dan tuas kendali digital yang hanya memberikan sinyal on / off untuk empat arah yang berbeda, dan kemungkinan kombinasi mekanis (seperti atas-kanan, kiri-bawah, dll). (Tuas kendali Digital sangat umum sebagai kontroler game untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan komputer rumah dari 1980-an.)

Selain itu tuas kendali sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off.

Beberapa tuas kendali memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke tuas kendali yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau membuat tuas kendali bergetar.


Kebanyakan kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki tuas kendali (kontrol game). Tuas kendali modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.

1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory. 
2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan.

PlayStation 4

Spesifikasi :
·         Menggunakan Main Prosesor yaitu Single Chip CPU x84-64 Jaguar 8 Cores, GPU, 1.84 TFLOPS
·         Menggunakan Graphic Engine 
      AMD Next Generation Radeon™
·         Memory GDDR5 8GB
·         Hard Disk DriveBuilt-in
·         Optical Drive(read only): BD 6xCAVDVD 8xCAVI/O
·         Communication: Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)IEEE 802.11 b/g/nBluetooth® 2.1 (EDR)
·         AV output: HDMIAnalog-AV outDigital Output (optical).

Xbox One

Feature
Xbox One
Optical Drive
Blu-Ray/DVD [1]
Game DVR
Yes, Upload Studio[2]
HDCP Encryption
No for games
RAM
8GB DDR3
Clock: 2133MHz Bandwidth: 68.26 GB/s
+ 32MB eSRAM
Bandwidth: 204 GB/s(102 In/102 Out) 
[3]
Flash Memory
8GB Flash Memory [4]
CPU
8 Core AMD custom CPU
Frequency: 1.75 GHz 
[5]
GPU 
Clock Speed: 853 MHz(originally 800 MHz)

Shader Cores: 768
Peak Throughput: 1.23 TFLOPS
[6]
Storage
500 GB Hard Drive non-replaceable, External Hard Drive support coming[n]
Second Screen
SmartGlass App on Android, iOS, Windows Phone and Windows 8[7]
Cloud Storage
Yes [8]
Mandatory Game Installs
Yes [9]
Required Internet Connection
After Day One patch, No [10]
Used Game Fee
No [11]
Backwards Compatibility
None, Microsoft is exploring possibilites. [12]
Cross Game Chat
Skype, Party Chat [n]
Motion Control
Voice Commands
Yes, Kinect 2 is needed. [13]
Subscription Service
Xbox Live [14]
Required for Online Play 
USB
USB 3.0 [15]
Live Streaming
Yes, With Twitch.TV
Reputation Preservation
Achievements will be ported From Xbox 360. [16]
Networking
Gigabit Ethernet, WiFi (A/B/G/N dual-band at 2.4ghz and 5ghz) includes WiFi Direct support [17]
A/V Hookups
HDMI input and output (4K support)
API 
DirectX 11.1
Mouse and Keyboard Support 
Possible Support in the Future 


Referensi :
http://www.ign.com/wikis/xbox-one/Xbox_One_Hardware_Specs
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_controller
http://tasteofrains.blogspot.com/2011/06/gamepad.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar