Sejarah
Gamepad
Bagi
kita yang pernah bermain game tentunya mengenal gamepad. Gamepad adalah sebuah
kontroler yang digunakan untuk mengatur gerakan karakter kita dalam
game.Bagaimana dengan sejarah gamepad ?
Bentuk
pertama d-pad dapat ditemukan pada konsol Intellivision tahun 1979 buatan
Mattel, salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia.
Pada
tahun 1982, salah seorang staff Nintendo, Gunpei Yokoi, memiliki ide untuk
membuat d-pad pada gimbot Donkey Kong. Ia membuat desain d-pad menjadi
berbentuk seperti +, sehingga menyederhanakan desain dan kenyamanan d-pad.
Pada
tahun 1983, Nintendo Membuat Famicom (versi Jepangnya NES), Gunpei Yokoi
menggunakan desain yang sama agar permainan terasa lebih enak dimainkan.
Kontroller yang dibuat memiliki d-pad dengan desain seperti sekarang.
Kontroller tersebut terbukti efektif dan telah membawa Nintendo masuk sebagai
perusahaan video game terbaik di dunia pada saat itu.
Hingga
kini berbagai jenis kontroler telah dibuat namun dengan konsep yang sama.
Sampai
kemudian nintendo kembali mengguncang dunia kontroller dengan wii-nya yang
menggunakan konsep motion sense.
Rincian Teknis
Kebanyakan
tuas kendali dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan (mirip dengan tetikus),
tapi tuas kendali satu dan tiga dimensi memang ada. Sebuah tuas kendali umumnya
dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan
sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan
sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam tuas kendali yang dikonfigurasi untuk gerakan
tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam) atau kanan
(searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu - XY dan Z
- yang, dalam kaitannya dengan suatu gulungan, bola, dan pesawat. Sebuah tuas
kendali analog adalah tuas kendali yang menyatakan berulang kembali yaitu suatu
ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya
menggunakan potensiometer) dan tuas kendali digital yang hanya memberikan
sinyal on / off untuk empat arah yang berbeda, dan kemungkinan kombinasi
mekanis (seperti atas-kanan, kiri-bawah, dll). (Tuas kendali Digital sangat
umum sebagai kontroler game untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan
komputer rumah dari 1980-an.)
Selain
itu tuas kendali sering memiliki tombol api satu atau lebih, digunakan untuk
memicu suatu tindakan. Ini adalah tombol sederhana untuk menekan on / off.
Beberapa
tuas kendali memiliki kemampuan haptic feedback. Ini yang disebut perangkat
aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat mengembalikan sinyal ke tuas
kendali yang menyebabkan perlawanan gerakan dengan kekuatan yang kembali atau
membuat tuas kendali bergetar.
Kebanyakan
kartu antarmuka I / O untuk PC memiliki tuas kendali (kontrol game). Tuas
kendali modern kebanyakan menggunakan USB antarmuka untuk koneksi ke PC.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan.
PlayStation 4
Spesifikasi :
Spesifikasi :
·
Menggunakan Main
Prosesor yaitu Single Chip CPU x84-64 Jaguar 8 Cores, GPU, 1.84 TFLOPS
·
Menggunakan Graphic
Engine
AMD Next Generation Radeon™
·
Memory
GDDR5 8GB
·
Hard
Disk DriveBuilt-in
·
Optical
Drive(read only): BD 6xCAVDVD 8xCAVI/O
·
Communication:
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)IEEE 802.11 b/g/nBluetooth® 2.1
(EDR)
·
AV
output: HDMIAnalog-AV outDigital Output (optical).
Xbox One
Feature
|
Xbox One
|
Optical Drive
|
|
Game DVR
|
|
HDCP Encryption
|
No for games
|
RAM
|
|
Flash
Memory
|
|
CPU
|
|
GPU
|
Clock Speed: 853
MHz(originally 800 MHz)
|
Storage
|
500 GB Hard Drive
non-replaceable, External Hard Drive support coming[n]
|
Second Screen
|
|
Cloud Storage
|
|
Mandatory Game Installs
|
|
Required Internet Connection
|
|
Used Game Fee
|
|
Backwards Compatibility
|
|
Cross Game Chat
|
Skype, Party Chat [n]
|
Motion Control
|
|
Voice Commands
|
|
Subscription Service
|
|
USB
|
|
Live Streaming
|
Yes, With Twitch.TV
|
Reputation Preservation
|
|
Networking
|
|
A/V
Hookups
|
HDMI input and output
(4K support)
|
API
|
DirectX
11.1
|
Mouse and Keyboard Support
|
Possible Support in the
Future
|
Referensi :
http://www.ign.com/wikis/xbox-one/Xbox_One_Hardware_Specs
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_controller
http://www.ign.com/wikis/xbox-one/Xbox_One_Hardware_Specs
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_controller
http://tasteofrains.blogspot.com/2011/06/gamepad.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar